Judul
: Tugas Aplikasi
Kecerdasan Buatan
Bidang
:
Agronomi dan Pertanian
Aplikasi
Bioteknologi Bidang Pertanian Bioteknologi ikut berperan dalam
memajukan bidang pertanian dan perkebunan. Di bidang pertaian Bioteknologi
telah mampu menciptakan tumbuh-tumbuhan yang memiliki sifat unggul,
seperti tahan terhadap hama,nproduksi panen yang lebih banyak, dan waktu panen
yang lebih singkat. Tumbuhan yang memiliki sifat unggul tersebut dapat
diperoleh melalui rekayasa genetika, yaitu dengan memasukkan gen-gen yang
memiliki sifat yang dikehendaki pada tumbuhan tersebut. Tumbuhan seperti ini
disebut sebagai tumbuhan transgenik.
Tumbuhan
transgenik pada dasarnya diperoleh melalui teknik memindahkan gen-gen tertentu
yang dikehendaki dari organisme lain yang memilikinya. Misalnya, tumbuhan
kentang hasil rekayasa genetika yang dilakukan di Cina. Tumbuhan kentang adalah
tumbuhan yang tumbuh subur di daerah tropis dan tidak bisa tumbuh di tempat
dingin. Oleh karena itu, pada musim dingin kentang tidak bisa tumbuh di Cina.
Untuk mengatasi kendala tersebut maka para ilmuwan Cina memasukkan gen tahan
dingin dari ikan yang hidup di tempat dingin ke dalam gen kentang sehingga
diperoleh kentang yang tahan dingin dan dapat ditanam di daerah yang beriklim
dingin.
Contoh tumbuhan-tumbuhan
transgenik lainnya yang telah berhasil dibuat adalah tumbuhan
yang dapat melakukan pemupukan sendiri, tumbuhan yang tahan terhadap penyakit
tertentu, dan tumbuhan yang dapat menghasilkan pestisida sendiri. Dalam hal
pestisida atau pembasmian hama tumbuhan, bioteknologi juga telah berhasil
mengembangkan pestisida alami dengan menggunakan makhluk hidup yang berperan
sebagi agen pengendali secara alami atau disebut biological control agent.
Misalnya, pada tumbuhan kubis yang sering diserang oleh hama berupa larva ulat
Lepidoptera.
Dengan bantuan
bioteknologi, larva Lepidoptera tersebut dapat dibasmi dengan menggunakan
bakteri Bacillus thuringiensis (Bt) . Bakteri Bt secara alami
menghasilkan racun bagi larva Lepidoptera, namun tidak berbahaya bagi makhluk
hidup lain selain larva tersebut. Kini, bakteri Bt telah diproduksi dalam skala
industri dan telah dipasarkan sebagai pestisida alami. Peran bioteknologi
lainnya dalam bidang pertanian dan perkebunan adalah dengan ditemukannya teknik
kultur
jaringan.
Berbagai cara
dilakukan manusia mulai dari penyilangan yang menghasilkan varietas baru,
perbanyakan vegetatif, hingga radiasi untuk mendapatkan sifat baru yang dapat
dikembangkan. Teknologi pemupukan juga mengalami perubahan. Pemupukan alami dan
buatan dari bahan sintesis telah dikembangkan untuk meningkatkan produksi
pertanian. Perbanyakan vegetatif yang dikembangkan untuk meningkatkan produksi
pertanian, antara lain setek, cangkok, dan kultur jaringan. Berbeda dengan
setek dan cangkok yang dilakukan di lingkungan terbuka, kultur jaringan
dilakukan di laboratorium. Kultur jaringan merupakan teknik perbanyakan tanaman
dengan cara mengisolasi dan menumbuhkan bagian tanaman atau jaringan tersebut
dalam medium buatan secara aseptik.
Judul
: Rekayasa Perangkat Lunak
Bidang
:
teknik dan rekayasa
Rekayasa Perangkat Lunak
pada prinsipnya menekankan pada tahapan-tahapan pengembangan suatu perangkat
lunak yakni : Analisis, Desain, Implementasi, Testing dan Maintenance.
Pada tahap yang lebih luas Rekayasa Perangkat Lunak mengacu pada Manajemen
Proyek pengembangan Perangkat Lunak itu sendiri dengan tetap memperhatikan
tahapan-tahapan pengembangan sebelumnya.
Dalam pengembangannya perangkat
lunak memiliki berbagai model yaitu model water fall ('model konvensional'
sebagai model terdahulu yang dikembangkan dan karena model water fall nyaris
sama dengan siklus hidup pengembangan sistem), model prototype ('model yang
disukai oleh user dan pengembang), model sequensial linear, model RAD 'rapid
aplikation model', model 'formal method' atau 'metode formal' disini sebelum
diadakannya implementasi terlebih dahulu rancangan model yang dibuat
diverifikasi terlebih dahulu sehingga tidak ada lagi kesalahan - kesalahan pada
saat implementasi.
Ada juga kecerdasa buatan dari Rekayasa Komputer adalah
ilmu yang mempelajari analisis, desain, dan konstruksi dari perangkat keras
komputer.dengan ini kita sebagai mahasiswa TI juga mendapatkan Ilmu yang
mempelajari segala aspek pembuatan, konstruksi, pemeliharaan perangkat lunak.
Judul
: Pendidikan
MultiPoint Pause
Bidang
: Pendidikan
Diera
yang sudah canggih ini semakin banyak aplikasi kecerdasan buatan yang ada pada
dunia pendidikan. Misalanya saja seperti Perangkat lunak atau software pendidikan
Sains dan Matematika dari PT Pesona Edukasi yang murni buah karya anak bangsa
mampu menembus pasar global. Bahkan, PT Pesona Edukasi terpilih menjadi satu
dari sembilan partner tingkat dunia Microsoft untuk mengisi materi teknologi
baru microsoft dalam bidang pendidikan MultiPoint Pause.
Teknologi
Windows MultiPoint Mouse adalah rekayasa pemrograman komputer yang memungkinkan
satu layar komputer dapat diakses sampai lebih dari 30 mouse sekaligus.
Satu komputer dapat digunakan oleh 30 anak dalam satu kelas dengan
masing-masing anak menggunakan mouse sendiri-sendiri untuk menjalankan aplikasi
secara bersama-sama.
Manfaat
dari penggunaan teknologi ini adalah memberi kesempatan anak untuk
berkolaborasi dalam menjalankan satu program atau berkompetisi antara satu dan
yang lain. perangat lunak Amazing Concert, yakni sebuah aplikasi perangat lunak
pendidikan untuk bermain musik bersama. Selain itu, ada juga DigiCarnival,
yakni perangat lunak belajar Matematika dengan topik mengurutkan angka, dan
Monkey Rescue untuk belajar bahasa dan pengetahuan umum yang dikemas seperti
permainanHangman.
Managing
Director PT Pesona Edukasi, berharap, melalui perangat lunak ini, anak-anak di
seluruh dunia, termasuk anak-anak Indonesia, dapat menikmati kegembiraan dalam
kebersamaan. Dengan begitu, melalui seni dan teknologi, anak-anak dapat belajar
hidup bersama dan saling mencintai. "Peluncuran perangat lunak bersama
Microsoft ini menunjukkan bahwa Indonesia mampu berkiprah dalam sektor
pendidikan di dunia internasional sebagai
negara pengembang perangkat lunak pendidikan kelas dunia.
Pada
tahun ini, PT Pesona Edukasi yang menciptkan perangat lunak Fisika, Matematika,
dan Sains sejak tahun 2001 berhasil menembus pasar Eropa. Sekolah-sekolah di
Belanda akan menggunakan perangat lunak anak bangsa. Keberhasilan perangat
lunak pendidikan Indonesia menembus mancanegara ini hadir sekitar lima tahun
lalu
Judul
: Meningkatkan Trafik web
atau blog dengan SMS gratis
Bidang
: Ekonomi Bisnis
Sekarang ini SMS online
secara gratis sudah banyak bertebaran di dunia internet. Hal ini merupakan
salah satu cara untuk mengundang para pengunjung untuk mampir ke situs mereka
agar dapat menikmati sms secara online. Hal ini akan terasa manfaat gratisannya
adalah ketika anda ingin sambil berinternet, tapi juga sambil SMSan, disini
pengguna tidak perlu capek bolak-balik untuk membuka handphone sambil online,
mereka bisa langsung ber-SMSan.
Salah satu yang dapat
ditemukan SMS gratis online adalah sebuah servis yang sengaja disiapkan untuk
para pengelola website atau blog secara gratis. Mereka secara mudah bisa
langsung memunculkan servis SMS gratis tersebut sebagai widget di situs atau
blog mereka. Scrip ini dapat dikatakan sangat sederhana, karena hanya
membutuhkan 3 baris untuk memunculkannya. Dan layanan sms nya pun cukup cepat
karena ini memiliki server sms sendiri.
Keuntungan jadi dobel :
- website anda jadi keren karena ada widget sms
- website anda akan diingat dan mungkin besok2 akan dibuka lagi bila orang mau kirim sms
- website anda akan ngetop karena disebut dalam setiap sms terkirim, dan akhirnya akan memperbanyak pengunjung blog anda.
Judul
: PertahananDidalam kendaraan Otonom
Bidang
: Pertahanan dan
Keamanan
Contoh jelas
adalah deteksi tentara musuh atau kendaraan dan bimbingan rudal. Lebihsistem
canggih untuk panduan mengirim rudal rudal ke daerah daripada target yang
spesifik,dan pemilihan target yang dibuat ketika rudal mencapai daerah
berdasarkan data citradiperoleh secara lokal. konsep modern militer, seperti
“kesadaran medan perang”,menunjukkan bahwa berbagai sensor, termasuk sensor
gambar, menyediakan kaya setinformasi tentang adegan tempur yang dapat
digunakan untuk mendukung keputusanstrategis. Dalam hal ini, pengolahan
otomatis data yang digunakan untuk mengurangikompleksitas dan informasi
sekering dari sensor ganda untuk meningkatkan keandalan.
Bidang
Didalam kendaraan Otonom.
kendaraan
otonom, yang meliputi submersibles, kendaraan darat (robot kecil denganroda,
mobil atau truk), kendaraan udara, dan kendaraan udara tak berawak (UAV).
Tingkatberkisar otonomi dari sepenuhnya otonom (berawak) kendaraan untuk
kendaraan di manasistem visi berbasis komputer mendukung driver atau pilot
dalam berbagai situasi.Sepenuhnya otonom kendaraan biasanya menggunakan visi
komputer untuk navigasi, yakniuntuk mengetahui mana itu, atau untuk
menghasilkan peta lingkungan (SLAM) dan untuk mendeteksi rintangan. Hal ini
juga dapat digunakan untuk mendeteksi peristiwa-peristiwatugas tertentu yang
spesifik, sebuah UAV mencari kebakaran hutan. Contoh sistempendukung sistem
peringatan hambatan dalam mobil, dan sistem untuk pendaratan pesawatotonom.
Beberapa produsen mobil telah menunjukkan sistem otonomi mengemudi mobil,tapi
teknologi ini masih belum mencapai tingkat di mana dapat diletakkan di pasar.
Adabanyak contoh kendaraan otonom militer mulai dari rudal maju, untuk UAV
untuk misipengintaian atau bimbingan rudal. Ruang eksplorasi sudah dibuat
dengan kendaraan otonommenggunakan visi komputer, NASA Mars Exploration Rover
dan Rover ExoMars ESA.
Nama : Kamila januar elita
NIM :E3210400
Prodi : TKK A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar