Kamis, 01 Maret 2012

kecerdasan buatan


Judul                        : Tugas Aplikasi Kecerdasan Buatan
Bidang                      : Agronomi dan Pertanian
Aplikasi Bioteknologi Bidang Pertanian Bioteknologi ikut berperan dalam memajukan bidang pertanian dan perkebunan. Di bidang pertaian Bioteknologi telah mampu menciptakan tumbuh-tumbuhan yang memiliki sifat unggul, seperti tahan terhadap hama,nproduksi panen yang lebih banyak, dan waktu panen yang lebih singkat. Tumbuhan yang memiliki sifat unggul tersebut dapat diperoleh melalui rekayasa genetika, yaitu dengan memasukkan gen-gen yang memiliki sifat yang dikehendaki pada tumbuhan tersebut. Tumbuhan seperti ini disebut sebagai tumbuhan transgenik.
Tumbuhan transgenik pada dasarnya diperoleh melalui teknik memindahkan gen-gen tertentu yang dikehendaki dari organisme lain yang memilikinya. Misalnya, tumbuhan kentang hasil rekayasa genetika yang dilakukan di Cina. Tumbuhan kentang adalah tumbuhan yang tumbuh subur di daerah tropis dan tidak bisa tumbuh di tempat dingin. Oleh karena itu, pada musim dingin kentang tidak bisa tumbuh di Cina. Untuk mengatasi kendala tersebut maka para ilmuwan Cina memasukkan gen tahan dingin dari ikan yang hidup di tempat dingin ke dalam gen kentang sehingga diperoleh kentang yang tahan dingin dan dapat ditanam di daerah yang beriklim dingin.
Contoh tumbuhan-tumbuhan transgenik lainnya yang telah berhasil dibuat adalah tumbuhan yang dapat melakukan pemupukan sendiri, tumbuhan yang tahan terhadap penyakit tertentu, dan tumbuhan yang dapat menghasilkan pestisida sendiri. Dalam hal pestisida atau pembasmian hama tumbuhan, bioteknologi juga telah berhasil mengembangkan pestisida alami dengan menggunakan makhluk hidup yang berperan sebagi agen pengendali secara alami atau disebut biological control agent. Misalnya, pada tumbuhan kubis yang sering diserang oleh hama berupa larva ulat Lepidoptera.
Dengan bantuan bioteknologi, larva Lepidoptera tersebut dapat dibasmi dengan menggunakan bakteri Bacillus thuringiensis (Bt) . Bakteri Bt secara alami menghasilkan racun bagi larva Lepidoptera, namun tidak berbahaya bagi makhluk hidup lain selain larva tersebut. Kini, bakteri Bt telah diproduksi dalam skala industri dan telah dipasarkan sebagai pestisida alami. Peran bioteknologi lainnya dalam bidang pertanian dan perkebunan adalah dengan ditemukannya teknik kultur jaringan.
Berbagai cara dilakukan manusia mulai dari penyilangan yang menghasilkan varietas baru, perbanyakan vegetatif, hingga radiasi untuk mendapatkan sifat baru yang dapat dikembangkan. Teknologi pemupukan juga mengalami perubahan. Pemupukan alami dan buatan dari bahan sintesis telah dikembangkan untuk meningkatkan produksi pertanian. Perbanyakan vegetatif yang dikembangkan untuk meningkatkan produksi pertanian, antara lain setek, cangkok, dan kultur jaringan. Berbeda dengan setek dan cangkok yang dilakukan di lingkungan terbuka, kultur jaringan dilakukan di laboratorium. Kultur jaringan merupakan teknik perbanyakan tanaman dengan cara mengisolasi dan menumbuhkan bagian tanaman atau jaringan tersebut dalam medium buatan secara aseptik.

Judul                 : Rekayasa Perangkat Lunak
Bidang             : teknik dan rekayasa
Rekayasa Perangkat Lunak pada prinsipnya menekankan pada tahapan-tahapan pengembangan suatu perangkat lunak yakni : Analisis, Desain, Implementasi, Testing dan Maintenance. Pada tahap yang lebih luas Rekayasa Perangkat Lunak mengacu pada Manajemen Proyek pengembangan Perangkat Lunak itu sendiri dengan tetap memperhatikan tahapan-tahapan pengembangan sebelumnya.
Dalam pengembangannya perangkat lunak memiliki berbagai model yaitu model water fall ('model konvensional' sebagai model terdahulu yang dikembangkan dan karena model water fall nyaris sama dengan siklus hidup pengembangan sistem), model prototype ('model yang disukai oleh user dan pengembang), model sequensial linear, model RAD 'rapid aplikation model', model 'formal method' atau 'metode formal' disini sebelum diadakannya implementasi terlebih dahulu rancangan model yang dibuat diverifikasi terlebih dahulu sehingga tidak ada lagi kesalahan - kesalahan pada saat implementasi.
Ada juga kecerdasa buatan dari Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisis, desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer.dengan ini kita sebagai mahasiswa TI juga mendapatkan Ilmu yang mempelajari segala aspek pembuatan, konstruksi, pemeliharaan perangkat lunak.


Judul                 : Pendidikan MultiPoint Pause
Bidang              : Pendidikan

Diera yang sudah canggih ini semakin banyak aplikasi kecerdasan buatan yang ada pada dunia pendidikan. Misalanya saja seperti Perangkat lunak atau software pendidikan Sains dan Matematika dari PT Pesona Edukasi yang murni buah karya anak bangsa mampu menembus pasar global. Bahkan, PT Pesona Edukasi terpilih menjadi satu dari sembilan partner tingkat dunia Microsoft untuk mengisi materi teknologi baru microsoft dalam bidang pendidikan MultiPoint Pause.
Teknologi Windows MultiPoint Mouse adalah rekayasa pemrograman komputer yang memungkinkan satu layar komputer dapat diakses sampai lebih dari 30 mouse sekaligus. Satu komputer dapat digunakan oleh 30 anak dalam satu kelas dengan masing-masing anak menggunakan mouse sendiri-sendiri untuk menjalankan aplikasi secara bersama-sama.
Manfaat dari penggunaan teknologi ini adalah memberi kesempatan anak untuk berkolaborasi dalam menjalankan satu program atau berkompetisi antara satu dan yang lain. perangat lunak Amazing Concert, yakni sebuah aplikasi perangat lunak pendidikan untuk bermain musik bersama. Selain itu, ada juga DigiCarnival, yakni perangat lunak belajar Matematika dengan topik mengurutkan angka, dan Monkey Rescue untuk belajar bahasa dan pengetahuan umum yang dikemas seperti permainanHangman.
Managing Director PT Pesona Edukasi, berharap, melalui perangat lunak ini, anak-anak di seluruh dunia, termasuk anak-anak Indonesia, dapat menikmati kegembiraan dalam kebersamaan. Dengan begitu, melalui seni dan teknologi, anak-anak dapat belajar hidup bersama dan saling mencintai. "Peluncuran perangat lunak bersama Microsoft ini menunjukkan bahwa Indonesia mampu berkiprah dalam sektor pendidikan di dunia internasional sebagai  negara pengembang perangkat lunak pendidikan kelas dunia.
Pada tahun ini, PT Pesona Edukasi yang menciptkan perangat lunak Fisika, Matematika, dan Sains sejak tahun 2001 berhasil menembus pasar Eropa. Sekolah-sekolah di Belanda akan menggunakan perangat lunak anak bangsa. Keberhasilan perangat lunak pendidikan Indonesia menembus mancanegara ini hadir sekitar lima tahun lalu


Judul                 : Meningkatkan Trafik web atau blog dengan SMS gratis
Bidang              : Ekonomi Bisnis

Sekarang ini SMS online secara gratis sudah banyak bertebaran di dunia internet. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengundang para pengunjung untuk mampir ke situs mereka agar dapat menikmati sms secara online. Hal ini akan terasa manfaat gratisannya adalah ketika anda ingin sambil berinternet, tapi juga sambil SMSan, disini pengguna tidak perlu capek bolak-balik untuk membuka handphone sambil online, mereka bisa langsung ber-SMSan.
Salah satu yang dapat ditemukan SMS gratis online adalah sebuah servis yang sengaja disiapkan untuk para pengelola website atau blog secara gratis. Mereka secara mudah bisa langsung memunculkan servis SMS gratis tersebut sebagai widget di situs atau blog mereka. Scrip ini dapat dikatakan sangat sederhana, karena hanya membutuhkan 3 baris untuk memunculkannya. Dan layanan sms nya pun cukup cepat karena ini memiliki server sms sendiri.
Keuntungan jadi dobel :
  • website anda jadi keren karena ada widget sms
  • website anda akan diingat dan mungkin besok2 akan dibuka lagi bila orang mau kirim sms
  • website anda akan ngetop karena disebut dalam setiap sms terkirim, dan akhirnya akan memperbanyak pengunjung blog anda.

Judul                          : PertahananDidalam kendaraan Otonom
Bidang                        : Pertahanan dan Keamanan

Contoh jelas adalah deteksi tentara musuh atau kendaraan dan bimbingan rudal. Lebihsistem canggih untuk panduan mengirim rudal rudal ke daerah daripada target yang spesifik,dan pemilihan target yang dibuat ketika rudal mencapai daerah berdasarkan data citradiperoleh secara lokal. konsep modern militer, seperti “kesadaran medan perang”,menunjukkan bahwa berbagai sensor, termasuk sensor gambar, menyediakan kaya setinformasi tentang adegan tempur yang dapat digunakan untuk mendukung keputusanstrategis. Dalam hal ini, pengolahan otomatis data yang digunakan untuk mengurangikompleksitas dan informasi sekering dari sensor ganda untuk meningkatkan keandalan.
Bidang Didalam kendaraan Otonom.
kendaraan otonom, yang meliputi submersibles, kendaraan darat (robot kecil denganroda, mobil atau truk), kendaraan udara, dan kendaraan udara tak berawak (UAV). Tingkatberkisar otonomi dari sepenuhnya otonom (berawak) kendaraan untuk kendaraan di manasistem visi berbasis komputer mendukung driver atau pilot dalam berbagai situasi.Sepenuhnya otonom kendaraan biasanya menggunakan visi komputer untuk navigasi, yakniuntuk mengetahui mana itu, atau untuk menghasilkan peta lingkungan (SLAM) dan untuk mendeteksi rintangan. Hal ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi peristiwa-peristiwatugas tertentu yang spesifik, sebuah UAV mencari kebakaran hutan. Contoh sistempendukung sistem peringatan hambatan dalam mobil, dan sistem untuk pendaratan pesawatotonom. Beberapa produsen mobil telah menunjukkan sistem otonomi mengemudi mobil,tapi teknologi ini masih belum mencapai tingkat di mana dapat diletakkan di pasar. Adabanyak contoh kendaraan otonom militer mulai dari rudal maju, untuk UAV untuk misipengintaian atau bimbingan rudal. Ruang eksplorasi sudah dibuat dengan kendaraan otonommenggunakan visi komputer, NASA Mars Exploration Rover dan Rover ExoMars ESA.



Nama     : Kamila januar elita
NIM       :E3210400
Prodi      : TKK A

Tidak ada komentar: